nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menumis Sayuran Agar Matang Merata

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 14 298 1134115 tips-menumis-sayuran-agar-matang-merata-siyzJJiYjE.jpg Tumsian sayuran (Foto:Budiboga)

SAYURAN adalah bahan makanan yang sederhana diolah. Cara yang paling mudah adalah dengan menumisnya. Tapi menumis sayuran pun tidak bisa dilakukan sekedarnya.

Menumis merupakan teknik memasak di atas wajan dan hanya menggunakan sedikit minyak. Jika Anda pernah menumis sayuran dan sayurnya masih keras dan tidak matang merata, mungkin ada yang salah saat menumisnya.

Saat hendak menumis sayuran, perlu diperhatikan beberapa hal agar sayurnya bisa matang merata. Pasalnya, sayuran memiliki karakter yang berbeda-beda.

Menurut Chacha, runner up Junior MasterChef musim kedua, ada beberapa sayuran yang punya karakter lama untuk matang dan cepat matang. Maka dari itu perlu diperhatikan jenisnya saat sayuran ingin ditumis.

"Sayuran kan beda-beda, ada yang matangnya cepat, ada yang matangnya lama. Karena itu sebelum ditumis, sayuran yang lama matangnya ditumis duluan," jelas Chacha 'JMCI' kepada Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Gadis cilik asal Yogyakarta itu menambahkan, setelah sayuran yang sulit matangnya ditumis lebih dulu. Baru setelah itu masukkan ke dalam wajan sayuran yang cepat matang seperti sayuran berupa dedaunan.

Selain itu, saat menumis aneka sayuran ini, suhu kompor juga berpengaruh pada proses pematangan sayuran. Kata dia, saat menumis sayuran idealnya pakai api kecil.

"Kalau numis sayuran biar matangnya merata harusnya pakai api kecil," pungkas Chacha 'JMCI'.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini