Sego Blawong Sajian Favorit Kesultanan Yogyakarta

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 14 298 1134122 sego-blawong-sajian-favorit-kesultanan-yogyakarta-YgWfUjzBYe.jpg Nasi blawong khas Yogyakarta (Foto:Google)

BICARA kuliner Yogyakarta tidak jauh dari sajian para raja. Anda bisa dengan mudah menemukan beragam menu sajian khas keraton di Kota Gudeg ini.

Sego blawong misalnya, hidangan nasi ini berwarna merah tapi tidak terbuat dari beras merah. Melainkan karena paduan rempah dan bumbu yang digunakan saat menanak nasi.

Saat disajikan, sego blawong nikmat disantap dengan berbagai lauk. Seperti halnya bacem ayam, telur pindang, dan daging lombok kethok (daging sapi yang dipotong dadu dan dimasak dengan kecap, bumbu dan cabai).

Konon, pada zaman dulu sego blawong merupakan makanan andalan yang kerap disajikan Keraton Yogyakarta untuk disuguhkan pada tamu istimewa. Hingga kini, sego blawong mulai tersedia diberbagai tempat makan yang ada di Yogyakarta, bahkan tersebar di daerah Jawa Tengah.

Makanan ini disebut sego blawong karena nasinya dihidangkan di atas piring berwarna biru yang jika dalam bahasa Belanda berarti "blauw". Sesuai dengan lidah orang Jawa, sebutan tersebut kini berubah menjadi blawong. Jika Anda ingin menikmati nasi blawong, salah satu rumah makan khas masakan Jawa, Joglo Patheya yang beralamat di Kemang, Jakarta Selatan menyuguhkan menu ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini