Matematika Jangan Dijadikan Alasan Siswa Takut Ujian Nasional

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 15 April 2015 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 196 1134569 matematika-jangan-dijadikan-alasan-siswa-takut-ujian-nasional-eosOAZe3ut.jpg Matematika jangan dijadikan alasan siswa takut ujian nasional (Foto: Expertbeacon)
MATEMATIKA kerap menjadi mata pelajaran yang paling ditakuti oleh banyak siswa saat Ujian Nasional (UN). Wajarkah hal itu terjadi?
 
Bagi Psikolog Kasandra Putranto, matematika tidak bisa dijadikan alasan bagi siswa takut menghadapi Ujian Nasional. Menurutnya, semua mata pelajaran sama saja tingkat kesulitannya, tergantung bagaimana kesiapan siswa menghadapinya.
 
"Tidak ada alasan bagi siswa mengkhususkan pelajaran matematika jadi yang paling ditakuti saat ujian. Pada dasarnya semua pelajaran sama saja," katanya kepada Okezone.
 
Kasandra menambahkan, kesiapan mental dan penguasaan materi adalah yang paling utama. Apabila siswa kurang menguasai, artinya mereka harus belajar lagi.
 
"Semua tergantung kesiapan siswa menguasai materi pelajaran yang akan diujikan. Jadi tidak ada pengecualian untuk mata pelajaran tertentu yang dianggap wajar bila ditakuti. Intinya, apabila pelajar takut, mereka memang tidak menguasai materi," terang Kasandra.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini