nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayam Bakar Penyet Masuk Negeri Singa

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 16 April 2015 06:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 15 298 1134810 ayam-bakar-penyet-masuk-negeri-singa-eBh5anLq8s.jpg Contoh ayam penyet (Foto:Wikipedia)

CITA rasa masakan Indonesia yang khas mendapat sambutan positif dari negeri jiran Singapura. Buktinya bisa dilihat dari restoran satu ini yang tak pernah surut pengunjung. Bahkan, cabangnya pun terus bertambah. Ayam penyet menjadi adalah di samping hidangan Nusantara lainnya.

Waktu menunjukkan pukul 20.00 WIB ketika KORANSINDO menghampiri restoran di Nex (Serangon), Singapura. Para staf yang bertugas tengah sibuk melayani tamu yang datang dari berbagai etnis, baik India, Tionghoa, maupun Melayu. Nyaris tak ada kursi kosong dengan tingkat lalu lalang pengunjung yang juga cukup tinggi di restoran berkapasitas 60 kursi tersebut.

Itulah sekilas pemandangan di Ayam Penyet President yang dikelola oleh Bahar selaku managing director restoran yang kini telah mempunyai tiga cabang di Singapura. Bahar mengatakan, penetrasi ayam penyet ke negara multietnis tersebut dimulai sejak 2009. Rupanya mendapat tanggapan antusias dari warga Singapura.

Melihat potensi tersebut, Bahar yang merupakan warga Indonesia pun tertarik mengambil alih sebuah restoran di Lucky Plaza, di kawasan Orchad Road. Dia mengubah tampilan restoran yang amat kental dengan nuansa Jawa menjadi lebih modern sehingga lebih dapat diterima semua kalangan. Untuk pemilihan nama, awalnya pria yang masih berkepala tiga tersebut mengaku bingung menentukan pilihan. "Akhirnya saya pilih nama yang cukup umum, yaitu President," tutur Bahar.

Presentasi ayam penyet pun juga dipoles tak seperti tampilan ayam penyet yang biasa kita cicipi di Indonesia. Sambal yang biasanya diletakkan di atas ayam menjadi dipisah agar terkesan lebih rapi dan bersih. Sekalian pilihan bagi yang tidak pedas tinggal memindahkan wadah sambal dari piring.

Meski begitu masalah rasa sambal tetap pedas, bahkan lebih pedas daripada sambal penyet kebanyakan. Seporsi ayam penyet sudah termasuk tahu tempe goreng dan lalapan berikut kremesan ayam.

Ukuran ayam pun cukup memuaskan. Sama seperti pengolahan ayam penyet di kampung halamannya, ayam mulanya diungkep selama lebih kurang dua jam, kemudian diolah sesuai pesanan apakah dibakar atau digoreng.

Bosan dengan ayam, iga penyet bisa dipilih. Sambalnya juga pedas dan porsi daging iga pun melimpah. Iganya manis dan cukup empuk. Makin tambah enak disiram kecap manis hmm..Shiok! (Singlish, artinya enak).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini