nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Tempat Wisata Keren di Tiananmen China

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 18 April 2015 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 17 406 1136051 lima-tempat-wisata-keren-di-tiananmen-china-k6jzgXrBXE.jpg Lima tempat wisata keren di Tiananmen China (Foto: Panoramio)

OKEZONE.COM, CHINA - China memiliki banyak tempat wisata tak pernah habis dikunjungi. Bahkan di Lapangan Tiananmen, China bisa menemukan tempat wajib dikunjungi.

Berikut beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Alun-alun Tiananmen dilansir Travelchinaguide:

Menara Tiananmen

Menara Tiananmen terletak di sebelah utara alun-alun. Menara ini dibangun pada tahun 1417 pada masa Dianasti Ming. Dahulu menara ini digunakan sebagai tempat untuk mendeklarasikan kaisar dan permaisuri dalam upacara besar.

Monumen Pahlawan Rakyat

Monumen ini berada di pusat alun-alun. Dibangun pada tahun 1952, ini adalah monumen terbesar dalam sejarah China. Terdapat delapan relief yang luar biasa besar tentang perkembangan sejarah China modern. Dua baris pagar marmer putih yang membentengi monumen terlihat sederhana dan indah.

Balai Besar Rakyat

Di sisi barat alun-alun Tiananmen terdapat sebuah balai besar yang digunakan sebagai tempat pertemuan Kongres Rakyat Nasional China yang dibangun pada 1959. Sebanyak 12 pos yang terbuat dari marmer terbagi atas tiga bagian, yakni Central Hall, Auditorium Besar dan Banqueting Hall.

Central Hall dihiasi dengan lampu marmer dan kristal yang menggantung di langit-langit. Auditorium Besar memiliki 10 ribu kursi, sementara Banqueting Hall adalah aula besar dengan 5 ribu kursi.

Memorial Hall Ketua Mao

Memorial Hall ini terletak di sebelah selatan alun-alun. Balai ini dibagi menjadi tiga ruang, dan terletak sebuah peti mati kristal yang di dalamnya terdapat tubuh Ketua Mao. Peti mati ini terletak di salah satu ruang yang dikelilingi karangan bunga segar dari berbagai macam bunga terkenal.

Museum Nasional China

Tempat lain yang wajib Anda kunjungi di sini adalah Museum Nasional China yang berada di sisi timur. Museum ini baru dibangun pada tahun 2003 dan merupakan gabungan antara Museum Sejarah China dengan Museum Revolusi China. Museum ini menghadap Balai Besar Rakyat. Museum Revolusi China menampilkan gambar, buku dan model yang menyajikan perkembangan China modern.

Sedangkan pada Museum Sejarah menunjukkan sejumlah besar peninggalan budaya yang menggambarkan sejarah panjang dan budaya China dari 1.700.000 tahun yang lalu sampai tahun 1921 ketika kaisar terakhir meninggalkan tahta.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini