Alasan Ukuran Minus Softlense Harus Lebih Rendah

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 20 April 2015 05:27 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 19 481 1136501 alasan-ukuran-minus-softlense-harus-lebih-rendah-X3MriHinVn.jpg Pemilihan kontak lensa (Foto: Medicaldaily)

APAKAH Anda pernah bertanya mengapa dokter mata atau petugas optik menurunkan ukuran minus kontak lensa dari ukuran minus Anda? Faktor kenyamanan adalah yang mendasari hal ini, namun ada perhitungan tertentu yang memang perlu diperhatikan.

Spesialis mata Dr Yulia Aziza, SpM, MKes, menjelaskan bahwa jarak akibat kelengkungan bola mata dan bagian belakang lensa mempengaruhi ukuran yang diresepkan optisien sewaktu kita memesan lensa kontak.

“Memang benar, ketika ukuran minus di atas empat dioptri, ukuran softlense harus dikonversi menjadi lebih kecil. Tetapi kalau masih di range minus nol sampai empat, ukuran lensa kontak masih bisa disesuaikan dengan kondisi mata yang sebenarnya,” jelasnya di Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, untuk mata minus di atas empat, ukuran softlense harus ditambah. Dr Yulia juga menambahkan, untuk kondisi mata silinder yang umumnya tidak bisa disediakan softlense, pasien silinder bisa mendapatkan softlense yang dikonversi ke ukuran minus atau plusnya.

“Softlense yang ada tidak bisa mengcover ukuran silinder, jadi kita harus mengonversi dari ukuran silinder ke minus atau plusnya. Untuk kasus silinder untuk saat ini bisa dikoreksi dengan toric lenses,” tambahnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini