Minyak Zaitun Kurang Tepat untuk Memasak

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 20 April 2015 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 20 298 1137285 minyak-zaitun-kurang-tepat-untuk-memasak-8cQ6qsMlHo.jpg Olive oil (Foto:Oliveoilexcellence)

BANYAK yang beranggapan bahwa fungsi dari minyak zaitun untuk urusan dapur sama seperti minyak sayur. Padahal ini anggapan yang keliru.

Meski wujudnya sama-sama minyak dan digunakan untuk memasak, tapi sebenarnya minyak zaitun tidak tepat untuk mengolah makanan.

"Minyak zaitun itu tidak boleh terkena panas berlebihan. Idealnya hanya 150 derajat saja," jelas William Wongso, pakar kuliner Indonesia kepada Okezone di Jakarta.

Menurutnya minyak zaitun sangat tidak ideal untuk menggoreng, menumis atau cara memasak lainnya. Pasalnya, cita rasa masakan dan kandungan nutrisinya bisa rusak ketika terkena suhu panas berlebih.

Untuk itu, dalam penggunaannya, minyak zaitun hanya dibubuhkan ketika makanan sudah jadi. Seperti daging yang sudah matang, minyak zaitun bisa disiramkan ke daging tersebut. Atau pasta yang sudah direbus, untuk menambah rasa. Minyak zaitun bisa disiramkan juga ke pasta tersebut.

"Saat membuat masakan dengan campuran minyak zaitun. Panas tidak boleh berlebih atau cita rasa dan kualitas gizi bisa rusak," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini