Lewat Hidangan Spesial Wanita Jadi Kartini Masa Kini

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 20 298 1137302 lewat-hidangan-spesial-wanita-jadi-kartini-masa-kini-d73S8ugnA2.jpg Wanita memasak (Foto:Imgkid)

MAKNA hari Kartini di mata pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo sangat besar. Ia memaknai hari Kartini sebagai simbol pahlawan yang menyerukan semangat menjalankan aktivitas dengan selalu menjunjung tinggi kodrat kewanitaanya.

Setiap tanggal 21 April yang jatuh hari ini Selasa (21/4/2015), Indonesia merayakan hari Kartini. Di mana tanggal tersebut merupakan hari lahir dari R.A Kartini, seorang Pahlawan Nasional wanita pertama yang memperjuangkan emansipasi wanita dan juga kesetaraan gender. Lewat bukunya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang yang ditulisnya dalam bahasa Belanda. Kartini menyerukan perjuangan wanita Indonesia untuk mendapatkan persamaan hak dalam berbagai hal.

Sebagai salah satu pakar kuliner wanita Indonesia, Sisca Soewitomo pun turut memaknai hari Kartini sebagai simbol pahlawan yang menyerukan semangat menjalankan aktivitas dengan selalu menjunjung tinggi kodrat kewanitaanya.

"Buat saya makna hari Kartini itu adalah mengingatkan kembali bahwa ada wanita yang punya kemauan besar untuk bisa maju dengan segala upaya lewat tulisannya (buku-red) dalam bahasa Belanda. Ini bagus, semangatnya yang harus kita peringati," jelas Sisca kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Bagi wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini, semua perempuan bisa menjadi Kartini. Misalnya, dengan cara sederhana dengan menyuguhkan masakan kepada keluarga, bekerja untuk menambah penghasilan keluarga dan lain hal.

"Apapun bisa dikerjakan meski sederhana. Dengan menyuguhkan masakan kepada keluarga, membantu penghasilan keluarga dan merawat anak atau apapun itu yang bentuknya bisa mengupayakan kebahagian dengan semangat yang tinggi untuk orang-orang disekitar. Sudah bisa dibilang dia adalah seorang Kartini masa kini," tandasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini