nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat yang Sebaiknya Tidak Dibeli Online

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 27 April 2015 18:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 27 481 1140768 obat-yang-sebaiknya-tidak-dibeli-online-8sCAkKsbDG.jpg Obat yang sebaiknya tidak dibeli online (Foto: Onlinemedicinshop)

APAPUN yang Anda inginkan kini bisa didapatkan secara online, termasuk produk kesehatan. Namun, kita harus khawatir dengan maraknya produk yang dijual tanpa pengawasan ketat. Apalagi bila Anda tidak mengenali merek atau melalui anjuran dokter untuk membeli obat.

Meskipun Anda bisa membaca informasi lengkap mengenai obat, penipuan masih mungkin terjadi. Belum lagi bila Anda membeli obat dari situs luar negeri, Anda juga patut waspada karena peraturan penjualan obat lewat dunia maya bisa berbeda-beda.

Untuk mencegah penipuan, label atau sertifikat aman dari badan berpihak seperti Kemenkes atau BPOM perlu Anda cari tahu dari setiap produk online yang ingin Anda beli. Akan tetapi, Anda lebih baik berpikir ulang bila ingin membeli obat yang dijual di dunia maya.

Suplemen penurun berat badan

Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda dapatkan saat membeli suplemen penurun berat badan di toko online. Bahan yang tidak aman dan tersembunyi sangat mungkin ditambahkan ke dalam obat tersebut, termasuk obat herbal sekalipun.

Para ahli mengungkapkan bahwa suplemen yang dijual sering kali hanya berupa stimulan. Kandungan kafein dalam produk penurunan berat badan sering ditemukan dalam jumlah yang tidak aman. Ini jelas akan berbahaya bagi kondisi jantung.

Produk hormon

Produk kesehatan berjudul hormon mungkin nampak menggiurkan bagi sebagian orang. Wanita yang menopause atau menurun gairah seksnya mungkin tertarik untuk mencoba pengobatan dengan suplemen, krim, obat herbal mengandung hormon.

Para ahli mengungkapkan bahwa produk berbahan dasar hormon tidak efektif dan aman karena mengandung banyak jumlah kandungan aktif. Adakalanya konsumen merasakan satu produk tidak berefek sehingga mereka terus membeli produk yang sama untuk hasil maksimal.

Meski produk obat hormon berlabel alami, Anda tetap membutuhkan panduan dokter. Bila memang dibutuhkan, dokter akan membantu memastikan Anda mengonsumsi obat dalam jumlah yang cukup dan jumlah yang benar.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini