nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Affogato Suguhan Khas Ranah Kopi Margonda

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Selasa 28 April 2015 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 28 298 1141202 affogato-suguhan-khas-ranah-kopi-margonda-hPTqpF5Z2P.jpg Affogato suguhan khas Ranah Kopi (Foto:Marieska/Okezone)

MELINTASI Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, tak sulit bagi pengendara untuk menemukan kedai kopi. Berbagai macam kedai kopi bermunculan mengikuti kebutuhan mahasiswa yang berada di sepanjang Jalan Margonda untuk sekedar kongkow hingga mengerjakan tugas kuliah.

Ranah Kopi di Jalan Margonda nomor 99, salah satunya. Pemilik kedai kopi ini Muadzin F Jihad mengungkapkan, ketertarikannya membuka kedai kopi lantaran Indonesia merupakan negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia. Kopi Indonesia pun beragam dari Aceh sampai Papua.

"Kopi beragam, masing-masing beragam pula karakternya. Brazil terbesar saja hanya satu macam. Kami memperkenalkan surganya kopi. ranah itu artinya tanah," ungkapnya baru-baru ini.

Kopi yang disuguhkan ada 10 kopi. Diantaranya arabica aceh gayo, arabica mandailing, arabica sidikalang, arabica lintong, arabica toraja, arabica bali, arabica priangan, arabica flrores, arabica papua, dan robusta java. Namun ada satu kopi yang diklaim hanya ditawarkan oleh Ranah Kopi dari seluruh kedai di Jalan Margonda. Yakni, affogato dengan campuran kopi ekspreso.

"Ini kopi ekspreso ditambah es krim vanila. Asalnya dari Italia varian dari ekspreso. Es krimnya vanila rasanya. Sehingga perpaduannya pahit sama manis, dingin sama panas," ungkap Muadzin.

Muadzin meyakini bahwa di Depok, hanya di kedai miliknya affogato tersedia. "Di Margonda hanya di sini. Banyak yang pesan karena aneh ingin tahu. Ini aslinya memang dipisah lalu diguyur ke es krimnya. Merupakan replika aslinya," jelasnya.

Untuk makanan, kedai ini juga menghidangkan santapan yang tak kalah lezat. Diantaranya berupa hidangan mi rebus, siomay, nasi goreng, hingga sandwich tuna.

"Awalnya mau jual kopi saja sama makanan kecil seperti pisang bakar misalnya. Tetapi orang kita senang makan karena itu kita keluarkan menu-menu besar seperti mi dan nasi goreng, siomay, dan tuna sandwich pakai roti gandum," katanya.

Ranah Kopi kini menjadi tempat kongkow komunitas di Depok. Ada pula penggemar bola Manchester Uniter (MU) yang menggelar nonton bareng di kedai kopi ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini