Didi Budihardjo: Empal Gapit Pekalongan, Luar Biasa

Santi Andriani, Jurnalis · Kamis 30 April 2015 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 30 298 1142464 didi-budihardjo-empal-gapit-pekalongan-luar-biasa-0G5yvxHHth.jpg Ceriping atau tiram (Foto:Google)

TIDAK hanya batik pekalongan yang bisa membuat desainer Didi Budihardjo jatuh cinta. Tapi juga makanannya. Didi Budihardjo menyebut, empal gapit sebagai kuliner di Pekalongan yang bisa membuatnya ketagihan saat bersantap.

Ditemui usai preview Jakarta Food & Fashion Festival (JFFF) 2015 di Balai Agung Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terlontar kata luar biasa dari bibir desainer senior kelahiran Malang, Jawa Timur itu, ketika ditanya bagaimana rasa dari si empal gapit.

"Di Pekalongan ada namanya empal gapit, itu enak banget. Itu luar biasa," kata Didi Budihardjo kepada Okezone.

Didi Budihardjo bercerita, sama seperti empal gentong, empal gapit berbahan utama daging sapi yang dipotong kecil-kecil yang kemudian dibakar setelah dibumbui dengan rempah-rempah dan kelapa. Membuat rasanya lebih spesial, sambung Didi, karena dibakar dengan arang.

Namun, lanjut Didi, hidangan ini tidak mudah ditemukan di sejumlah tempat makan di Pekalongan. Melainkan, harus pesan kepada seorang ibu-ibu yang memang spesialis membuat olahan dari empal, termasuk empal gapit.

"Kalau mau makan itu (empal gapit-red) harus pesan dulu. Karena nggak ada di mana-mana, yang bikin ibu-ibu," kata Didi yang mengaku lupa nama si ibu penjual empal gapit tersebut.

Tidak hanya empal gapit yang menjadi idola Didi Budihardjo, makanan khas Pekalongan, Jawa Tengah, lainnya yang juga ia sukai adalah ceriping.

"Ada lagi yang saya suka sekali, yaitu ceriping. Ceriping itu kaya scallop (tiram-red), kecil-kecil digoreng, itu juga enak banget," kata Didi.

Untungnya, untuk menikmati ceriping ini Didi tinggal menyambangi rumah makan di tepi pantai di Pekalongan. "Kalau ceriping banyak dijual, ini gampang mencarinya," pungkas Didi Budihardjo usai preview JFFF. JFFF sendiri akan diselenggarakan di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 13 Mei-7 Juni 2015 .

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini