nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Ketahui Anda Kekurangan Vitamin

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 30 April 2015 12:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 30 481 1142486 cara-ketahui-anda-kekurangan-vitamin-SvYjJSa1Ol.jpg Cara ketahui kekurangan vitamin (Foto: Telegraph)

VITAMIN adalah nutrisi yang mungkin paling sedikit dibutuhkan tubuh, dibandingkan kebutuhan karbohidrat, protein, atau lemak. Namun, fungsi vitamin dalam tubuh sangat penting, karena peran mereka sebagai pengatur fungsi tubuh.

Makan makanan yang sehat adalah kunci untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. Sementara, suplemen kesehatan adalah pilihan terakhir. Para ahli mengatakan bahwa kita harus memilih makanan yang sehat yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, susu, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.

Mereka memiliki sejumlah manfaat lain yang termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun kesehatan tulang, dan mendukung fungsi penglihatan. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin yang cukup, Anda akan merasa mudah lelah dan lebih rentan terhadap berbagai jenis infeksi.

Melakukan tes darah dapat membantu mengetahui adanya kekurangan vitamin. Namun, ada beberapa gejala atau perubahan kondisi kesehatan yang menandakan masalah kekurangan vitamin tertentu. Berikut adalah vitamin dan fungsinya, serta kemungkinan gejala yang Anda rasakan bila kekurangan vitamin tersebut.

Vitamin A

Ini membantu memelihara penglihatan tetap sehat, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, dan juga membuat tulang dan gigi kuat. Vitamin yang terkenal terdapat dalam wortel ini juga baik untuk kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat.

Vitamin C

Vitamin ini bekerja dengan membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan baik. Ini juga melindungi sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan membuat sehat jaringan Anda. Kekurangan vitamin ini akan menurunkan sistem kekebalan, juga menyebabkan kelelahan dan sakit sendi karena produksi kolagen yang dibantu vitamin C menurun.

Vitamin D

Sinar matahari, sebagai sumber yang membantu produksi vitamin D di tubuh, sangat baik untuk tulang Anda. Kekurangan vitamin D mungkin tidak akan memberi dampak yang signifikan dan cepat, tetapi masalah tulang, tekanan darah tinggi, dan bahkan penyakit autoimun dapat terjadi seiring pertambahan usia.

Vitamin E

Bila Anda ingin memastikan Anda memiliki cukup sel darah merah dalam tubuh dan menjaga kesehatan tulang, Vitamin E adalah solusinya. Selain itu, vitamin E berperan dalam meregenerasi jaringan, seperti kulit, yang dapat diperlambat penuaannya.

Vitamin B

Vitamin B dikatakan mampu mengisi metabolisme Anda, memastikan fungsi otak bekerja secara optimal dan tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan. Kekurangan vitamin B salah satunya dapat menyebabkan anemia.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini