Image

Bersihkan Lidah Sama Pentingnya dengan Sikat Gigi

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 30 April 2015, 19:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 30 481 1142649 bersihkan-lidah-sama-pentingnya-dengan-sikat-gigi-YX3bxQy7DK.jpg Bersihkan lidah secara benar (Foto: Womenshealth)

BANYAK orang yang melewatkan membersihkan lidah saat menggosok gigi. Padahal kedua aktifitas tersebut sama pentingnya. Lidah yang memiliki penampang lebih besar daripada gigi Anda, dapat menjadi pelabuhan besar bagi jutaan jenis bakteri.

Semua bakteri yang menumpuk bisa berasal dari lidah yang tidak dibersihkan, sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut adalah produk sampingan bakteri dalam mulut Anda, kata Marc Lowenberg, dokter gigi kosmetik dari New York City, Amerika Serikat.

"Selain bau mulut, bakteri dalam mulut juga menyebabkan penumpukan plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan berbagai penyakit gusi,” jelasnya, seperti dikutip dari Womenshealthmag, Kamis (30/4/2015).

Jika lidah Anda bertekstur atau beralur, Anda bisa lebih rentan terhadap bakteri yang menempel di sekitar mulut, karena mudah bagi bakteri untuk terjebak di atasnya, kata Lowenberg. Bakteri juga dapat berlama-lama di lidah Anda dan menyebabkan kesehatan mulut yang buruk.

Cara terbaik untuk membersihkan lidah adalah dengan alat pembersih lidah. Ini akan memberi manfaat kumulatif seperti membuat napas lebih segar, mengurangi penumpukan plak, dan berpengaruh pada gusi sehat, kata Lowenberg.

Gunakan alat pembersih lidah dari pangkal mulut Anda dan tarik ke depan dua sampai tiga kali, katanya. Tidak peduli kapan Anda melakukannya, tapi untuk membuat ini menjadi kebiasaan, lakukanlah sekali sehari atau dua kali setelah menyikat gigi baik di pagi hari atau di malam hari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini