nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Benar Gunakan Talenan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2015 15:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 01 298 1143069 cara-benar-gunakan-talenan-bhugWhpqay.jpg Cara benar gunakan talenan (Foto: Cuttingboard)

MENGOLAH makanan memang tidak boleh sembarangan. Mulai dari pemilihan bahan, penanganan bahan segar, hingga teknik pengolahannya. Salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian adalah penggunaan talenan sebagai alat persiapan bahan makanan.

Chef Vindex Tengker, seorang Executif Chef dari The Dharmawangsa Hotel memberikan beberapa panduan untuk mencegah kontaminasi makanan yang berasal dari talenan, Jumat (1/5/2015).

Bedakan talenan berdasarkan penggunaan

Talenan merupakan satu alat persiapan pengolahan makanan yang paling umum digunakan. Memotong atau mengiris bahan makanan pasti memerlukan talenan sebagai alas potong. Tidak hanya bahan mentah yang dipotong menggunakan talenan, terkadang bahan matang pun sering memerlukan fungsi talenan. Gunakan talenan atau alas memotong yang berbeda untuk makanan mentah dan makanan siap saji.

Bersihkan talenan

Bersihkan talenan tiap sebelum dan setelah dipakai. Meskipun talenan yang belum dipakai terlihat bersih, itu tidak menjadi jaminan jika tidak ada bakteri yang menempal dipermukaannya. Apalagi talenan digunakan dalam bisnis kuliner seperti restoran atau hotel, maka talenan harus sering dibersihkan. Setidaknya setelah dipakai selama 2 jam berturut-turut, talenan harus dicuci sebelum lanjut digunakan.

Ganti talenan usang

Talenan terbuat dari berbagai bahan, yang paling umum digunakan adalah dari bahan kayu dan bahan plastik. Ganti talenan yang telah usang dan tidak layak pakai lagi. Ciri talenan yang sudah usang bisa dilihat dari permukaannya. Jika sudah terlihat banyak sayatan atau garis terpotong, maka talenan harus segera diganti karena akan menyebabkan timbulnya bakteri yang bisa menyebabkan kontaminasi pada makanan. Talenan yang digunakan sehari-hari di rumah memiliki usia yang lebih panjang jika dibandingkan talenan di restoran atau hotel. Talenan restoran idealnya harus diganti setidaknya 2 tahun sekali.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini