nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Cuci Kembang Kol Harus Pakai Air Garam

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2015 19:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 01 298 1143242 alasan-cuci-kembang-kol-harus-pakai-air-garam-qIsAdO8agN.jpg Kembang kol (Foto:Vodkaanbicuits)

KEMBANG kol termasuk satu sayuran yang memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Biasanya kembang kol umum diolah sebagai masakan tumisan, dalam sup atau sebagai campuran dalam cap cay. Menurut Chef Vindex Tengker, ada treatment khusus untuk mencuci kembang kol.

Bunga dari kembang kol memiliki bentuk yang mudah hancur jika dicuci dengan kasar. Chef Vindex yang ditemui di Senayan, Jakarta Selatan ini mengatakan kembang kol harus dicuci dengan menggunakan air yang diberi garam.

“Cara mencuci kembang kol agak berbeda dengan jenis sayuran lain. Kembang kol harus dicuci dengan larutan air asin,” kata Chef Vindex.

Bentuk kembang kol yang bercabang-cabang kecil ini membuat serangga dan binatang kecil kerap bersembunyi di dalamnya. Air garam bisa membuat serangga kecil ini mati dan keluar dari sela-sela kembang kol. Untuk takaran penggunaannya, Chef Vindex mengatakan cukup sesuai perkiraan saja.

“Biasanya untuk kurang lebih satu liter air bisa gunakan satu hingga dua sendok teh garam. Diamkan selama 5-10 menit,” jelasnya.

Jika sudah direndam, maka akan terlihat beberapa ulat akan keluar dan mati. Cara ini termasuk juga dalam langkah keamanan pangan agar makanan yang disantap merupakan makanan layak dan bebas dari kontaminasi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini