Ikuti Nasihat Ibu, Chef Degan Pilih Hotel Kecil

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2015 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 05 298 1144648 ikuti-nasehat-ibu-chef-degan-pilih-hotel-kecil-wArpW6B1VB.jpg Aneka canape olahan Chef Degan Septoadji (Foto:Devi/Okezone)

UNTUK mengasah kemampuan serta pengetahuannya akan kuliner, Chef Degan Septoadji sewaktu muda memilih bekerja pada sebuah hotel yang kecil, namun pekerjaannya banyak dan rumit.

Selepas menamatkan pendidikan formalnya di sebuah kota di Jerman, Chef Degan Septoadji yang kala itu berusia 16 tahun, memilih mencari pekerjaan yang berkaitan dengan cita-citanya yaitu menjadi seorang juru masak atau koki. Dua tawaran lowongan pekerjaan sudah ada di genggaman tangannya.

Pertama adalah di sebuah hotel kecil milik sebuah keluarga yang merupakan tempat magangnya dua pekan pertama. Tempat kedua adalah sebuah restoran besar yang serba modern di mana Degan yang saat itu berusia 14 tahun menghabiskan dua pekan keduanya untuk magang.

"Saya bingung,kalau di tempat yang pertama, pekerjaannya sangat banyak, prosesnya juga sangat panjang, semua dari nol karena segala macam bikin sendiri," kenang Chef Degan Septoadji ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sementara kalau di tempat kedua, lanjut Chef Degan, restorannya lebih besar dan lebih ramai. Dari segi pekerjaan juga lebih ringan karena bahan-bahan mentah sudah dibeli dalam keadaan setengah proses, artinya tinggal diolah menjadi masakan.

Karena keraguannya tersebut, Chef Degan pun meminta masukan dari sang ibu terkait tawaran pekerjaan yang mana harus ia ambil.

"Ibu saya bilang, ambil tempat yang pertama, tempat yang paling sulit. Ini tempat yang menurut ibu saya bagus untuk saya belajar dan praktek. Karena kata ibu saya kalau saya sudah kuasai pekerjaan-pekerjaan yang sulit, pasti saya bisa kerjakan yang lain dengan mudah," kata chef yang kini sudah membuka dua buah restoran di Jakarta dan Bali ini.

Berbekal nasehat dari sang ibu itulah, Chef Degan Septoaji akhirnya memutuskan untuk menerima pekerjaan di dapur hotel keluarga yang kecil tersebut. Ia bekerja di sana selama tiga tahun sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini