Trik Mengajarkan Anak Mandiri secara Finansial

Ariesta Asri, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2015 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 06 196 1145677 trik-mengajarkan-anak-mandiri-secara-finansial-vKquQaX3M3.jpg Trik mengajarkan anak secara finansial (Foto: Huffingtonpost)
SANGAT penting untuk mengajarkan anak mengelola uang sejak dini. Mengajari anak-anak untuk mandiri secara finansial sangat berguna untuk hidupnya ke depan.
 
Kuncinya adalah membuat anak menyadari bahwa menabung adalah kegiatan yang menyenangkan. Melansir Timesofindia, Kamis (7/5/2015) berikut ini tiga cara untuk mengajarkan anak mandiri secara finansial.
 
Mulai dengan celengan

Dorong anak-anak menabung dengan memberikan sebuah celengan. Agar semakin menyenangkan, buatlah celengan bersama anak dengan memanfaatkan kaleng bekas yang dihias menggunakan cat.

Dorong anak menghasilkan uang sendiri

Anda bisa memberinya uang saku jika dia berhasil melakukan tugas-tugas di rumah, berprestasi di sekolah, atau saat dia berhasil menjaga kamar tetap bersih. Tetapkan jumlah uang saku tergantung tingkat kesulitan.

Beri hadiah jika berhasil menabung

Setiap kali anak mencapai target finansial, pertimbangkan untuk memberinya penghargaan, seperti pakaian baru atau menambah jam main game. Cara ini akan membuat anak Anda makin termotivasi.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini