nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Spot Paling Kotor Ada di Dapur

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2015 17:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 06 298 1145549 lima-spot-paling-kotor-ada-di-dapur-T5gXEujL2N.jpg Dapur (Foto:Pineland)

MENJAGA dapur agar tetap bersih bukanlah pekerjaan mudah. Pasalnya, ada beberapa tempat yang rentan sekali kotor dan harus dibersihkan secara rutin dan berkala agar tidak jadi sumber penyakit dan juga enak dipandang.

Berikut ulasan lengkapnya, lima tempat yang paling kotor di dapur, sebagaimana dilansir Cleanmyspace, Rabu (6/5/2015)

Wastafel

Wastafel adalah tempat mencuci piring, tempat mencuci sayuran, buah hingga sebagai tempat membuang sisa –sisa makanan. Tak ayal, jika wastafel merupakan salah satu perabotan dapur yang sangat kotor. Biasanya, wastafel memiliki saringan yang terdapat di dekat lubang. Perhatikan sisa makanan yang tersangkut di penyaring tersebut. Anda harus membuangnya setiap hari agar tidak menjadi sarang kuman dan bau busuk.

Meja dapur

Meja dapur dapat menjadi sangat kotor lantaran sering kali berbagai remah-remah makanan, tumpahan saus dan sebagainya saat sedang memasak atau menyiapkan makanan, jatuh ke meja dapur ini. Agar lebih enak dipandang, bersihkanlah meja dapur menggunakan semprotan desinfektan agar terhindar dari kuman dan kotoran sisa lainnya. Rapikan juga posisi beberapa bumbu dapur dan peralatan memasak yang diletakkan di atas meja dapur agar terlihat lebih elok.

Tempat Sampah

Tak perlu diragukan lagi, tempat sampah merupakan sumber kuman dan juga bau tak sedap di dapur. Jangan tunggu waktu lama untuk selalu membuang dan mengganti kantung plastik untuk pelapis tempat sampah Anda. Lebih baik, bersihkan juga tempat sampah tersebut secara berkala agar cairan dan sisa-sisa makanan tidak menimbulkan bau tak sedap pada ruangan lainnya. Sedikit tips, sebelum dilapisi dengan plastik, taburi beberapa sendok makan baking soda ke dasar tempat sampah yang berguna sebagai penyerap bau tak sedap.

Kulkas

Kulkas yang ada di rumah Anda selalu menyimpan makanan 24 jam penuh. Tak menutup kemungkinan makanan yang diletakkan di dalam kulkas disimpan terlalu lama, atau bahkan tumpah dan mengerak di mana-mana. Idealnya, kulkas wajib dibersihkan tiap dua pekan sekali agar tetap bersih dan tidak menimbulkan aroma tak sedap.

Kompor

Setelah digunakan, kompor menjadi salah satu perabotan yang cukup merepotkan. Pasalnya, tumpahan makanan, saus, cairan dan segala macam pasti selalu terlihat di permukaan kompornya. Belum lagi dengan noda hitam sisa pembakaran yang membuat kompor kesayangan Anda tidak indah dipandang mata.

Baiknya, setelah kompor tersebut digunakan dan suhu sudah menurun. Bersihkan permukaan kompor dengan lap basah dan semprotan desinfektan agar lebih mudah terangkat sisa makanannya. Begitu juga dengan bagian tungkunya, bisa dibersihkan dengan lap sedikit basah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini