Mengenal Pemakaian Lensa Kontak

Evi Elfira, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2015 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 08 194 1146487 mengenal-pemakaian-lensa-kontak-7ldaUnTv3s.jpg Mengenal pemakaian lensa kontak (Foto: Chameleonjohn)

LENSA kontak kini digunakan tidak hanya untuk menunjang penglihatan, tetapi juga untuk penampilan. Dalam menggunakan lensa kontak, Anda perlu mengetahui pemakaiannya dengan baik.

Ketika menggunakan lensa kontak, mata seringkali terasa kering. Tidak sedikit wanita menggunakan cairan rendaman untuk menetesi mata yang menggunakan lensa kontak. Namun, apakah hal tersebut aman?

"Untuk menetesi mata yang pakai lensa kontak bisa menggunakan cairannya. Cukup lihat di kemasan apakah cairan tersebut juga bisa dipakai sebagai tetes mata. Jadi cairan seperti itu tujuannya khusus melembapkan mata, itu yang perlu digunakan untuk mengatasi mata kering. Bukan cairan lensa kontak yang dari botol besar," jelas Cheni Lee, Professional Affairs manager Johnson & Johnson Vision Care Indonesia di Exodus, Mal Kuningan City, Jakarta, Kamis 7 Mei 2015.

Pemakaian lensa kontak pun disarankan paling lama delapan jam dalam sehari. Namun, memang sudah tersedia lensa kontak harian untuk pemakaian singkat, yakni sekali pakai buang.

Selain itu, ketika menggunakan lensa kontak kita tidak boleh menggunakannya selagi tidur. Hal tersebut tidak aman untuk mata namun tidak akan membuatnya berpindah ke bagian belakang mata.

"Lensa kontak tidak boleh dibawa tidur, harus dilepas dulu. Tetapi kalau tidak sengaja ketiduran dengan lensa kontak itu tidak mungkin sampai ke belakang mata, karena mata memiliki lapisan yang melindungi. Jadi tidak akan tergeser dan masuk kebelakang mata," imbuh Cheni Lee.

Penggunaan lensa kontak selagi berenang pun perlu dihindari. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi mata walau sudah menggunakan kacamata renang.

"Kalau berenang sebaiknya jangan pakai lensa kontak. Kalaupun pakai kacamata renang sebaiknya jangan, karena mata pasti kena air kolam yang terdapat bakteri dan kuman," tutup Cheni Lee.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini