Tampilan Makanan Indonesia Berubah, Rasa Tetap Autentik

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2015 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 09 298 1147163 tampilan-makanan-indonesia-berubah-rasa-tetap-autentik-873Xbpq7qt.jpg Tampilan makanan Indonesia berubah, rasa tetap autentik (Foto: Shutterstock)

PERKEMBANGAN dunia kuliner semakin pesat. Seiring berkembangnya zaman, inovasi yang dihadirkan dalam dunia kuliner makin beragam.

Tak hanya soal bumbu praktis, cita rasa , teknik memasak, penambahan bahan-bahan unik dan masih banyak lainnya yang semakin modern. Tapi juga untuk tampilan makanan yang menyesuaikan zaman.

Hal tersebut dikatakan Chef Degan, salah satu mantan juri di Junior MasterChef Indonesia. Dia mengakui, khususnya untuk masakan Indonesia, tak menutup kemungkinan tampilannya juga akan berubah seiring berjalannya waktu.

"Saat ini kita dimasa proses semuanya akan berubah, khususnya untuk makanan. Bahkan makanan yang kita tahu sekarang ini tampilannya pasti berbeda dengan versi aslinya pada zaman nenek kita," jelas Chef Degan kepada Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Bagi Chef Degan, tampilan masakan Indonesia yang semakin modern atau lebih dikenal dengan fusion ini lambat laun akan menjadi hal biasa bagi masyarakat. Asalkan, ada satu poin yang tidak boleh luput dan hilang, yakni soal keautentikan cita rasa.

"Tampilan boleh berubah, tapi cita rasa yang autentik enggak boleh berubah. Misalnya lodeh, mau bentuknya bagaimanapun tapi kalau rasanya masih lodeh ya orang bakal mengenali bahwa itu lodeh. Kalau rasanya juga dimodifikasi, ya orang tidak akan mengenal lodeh," pungkasnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini