Share

Ringo ame, Permen Apel Unik ala Jepang

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2015 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 10 298 1147474 ringo-ame-permen-apel-unik-ala-jepang-lcUoc70rCD.jpg Permen apel (Foto: Dinno/Okezone)
BERKUNJUNG ke Ennichisai 2015 yang digelar di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan. Anda akan dimanjakan dengan nuansa khas Negeri Sakura.
 
Tidak hanya itu, beragam jajanan unik khas Jepang juga bisa Anda temui di festival seni dan kuliner tahunan ini. Ringo ame misalnya, mungkin Anda hanya bisa melihatnya dilayar televisi saja. Kali ini, Anda bisa langsung melihat dan mencicipi jajanan lucu ini.
 
Sebuah gerai makanan di Ennichisai 2015 terlihat ramai dikerumuni para pengunjung. Ternyata gerai ini menjual satu jajanan yang tak biasa dan jarang ditemukan di Ibu Kota, yakni ringo ame.
 
"Ringo ame memang jarang kalau di Jakarta. Paling adanya di festival Jepang seperti sekarang ini," jelas salah satu staff kepada Okezone di Blok M Square, Sabtu 9 Mei 2015.
 
Ringo ame merupakan salah satu jajanan paling populer di Jepang. Sekilas, bentuknya mirip dengan permen lolipop, tapi ukurannya cukup besar dan menggoda selera.
 
Dengan warna merah menyala, ringo ame menjadi salah satu jajanan yang paling banyak menarik perhatian pengunjung. Permen ini merupakan paduan dari apel fuji, lalu ditusuk dengan sumpit yang berfungsi sebagai gagangnya.
 
Kemudian, buah apel ini disiram dengan cairan berwarna merah yang terbuat dari gula yang dikaramelkan. Sambil diputar dan dikipas-kipas dengan cara manual, tanpa menunggu lama, gula karamel yang panas tadi langsung mengeras dan menyelimuti buah apel. Ringo ame pun siap dibungkus plastik dan disajikan.
 
Satu buah ringo ame dibanderol seharga Rp35 ribu. Nampaknya harga yang cukup mahal untuk sebuah permen apel. Kendati demikian, gerai ini tetap ramai dikerumuni pengunjung yang ingin mencicipi keunikan rasa ringo ame.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini