nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Cerdas Berkomunikasi dengan Anak Usia Balita

Ariesta Asri, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2015 06:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 11 196 1148188 cara-cerdas-berkomunikasi-dengan-anak-usia-balita-triM0AivXV.jpg Cara cerdas berkomunikasi dengan usia balita (Foto: Meditateinthemountains)
BANYAK orangtua merasa kesulitan dalam menanamkan kedisiplinan dan nilai-nilai pada balita. Padahal, kuncinya terletak pada komunikasi. Hal ini disampaikan oleh motivator sekaligus konselor pendidikan Vivid F Argarini.
 

“Untuk usia balita, pendekatannya bisa dengan bermain (play) atau membacakan cerita (story telling),” katanya saat bertandang ke Kantor Redaksi Okezone, belum lama ini.

Vivid menyampaikan bahwa story telling merupakan pendekatan yang ampuh untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan. Lewat mendengarkan dan berimajinasi, anak akan dengan mudah menyerap pesan. Cara ini juga lebih efektif daripada menyodorkan buku teks pada anak.

“Banyak cerita-cerita rakyat Indonesia yang penuh makna. Sambil bercerita, orangtua bisa menyelipkan nilai-nilai pendidikan misalnya, kebiasaan sikat gigi sebelum tidur,” tambahnya.

Tentunya, cara penyampaiannya harus dibuat semenarik mungkin. Selain visual, balita juga mudah tertarik dengan audio. Orangtua dapat menerapkannya dengan membuat suara-suara menarik sesuai dengan karakter yang dikisahkan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini