Penyakit Herpes Hantui Wanita Pekerja Seks

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2015 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 12 481 1148550 penyakit-herpes-hantui-wanita-pekerja-seks-fvxRoo0qMi.jpg Wanita pekerja seks rentan kena herpes (Foto: Bio)

PARA penjaja seks sangat berisiko mengalami penyakit menular seksual. Herpes adalah salah satu jenis penyakit yang kerap mereka alami.

Penularan herpes umumnya berasal dari kontak seksual melalui cairan tubuh yang terinfeksi. Tak hanya itu, para ahli telah mengungkap lima fakta lainnya tentang herpes yang harus Anda tahu, sebagaimana dilansir Healthmeup, Selasa (12/5/2015).

Ciuman tularkan herpes

Herpes adalah penyakit yang mudah menular melalui kontak langsung dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi. Penularan herpes dapat juga terjadi melalui kulit ke kulit meski tidak disertai gejala-gejala tertentu. Biasanya virus herpes ditularkan dari satu orang ke orang lain, selama kontak seksual yang melibatkan ciuman, oral seks, atau anal seks.

Ada dua jenis herpes

Pada dasarnya, ada dua jenis herpes yang kerap dialami seseorang. Pertama herpes tipe 1 (HSV 1) atau dikenal dengan herpes mulut dan herpes tipe 2 (HSV 2) atau disebut herpes genital. Siklus herpes berawal dari munculnya luka di bagian genital yang mengandung virus menular, sampai akhirnya berisiko fatal.

Penjaja seks paling berisiko herpes

Setiap orang yang doyan jajan seks lebih rentan mengalami infeksi herpes. Ini termasuk heteroseksual, homoseksual dan biseksual dan wanita. Semakin lama mereka berkutat dengan dunia tersebut, semakin besar risiko herpes yand dialaminya.

Hubungan seks tanpa kondom

Seseorang yang kerap bergonta-ganti pasangan sangat berisiko mengalami herpes. Terlebih, bagi mereka yang tidak mengenakan kondom saat bercinta. Bahayanya lagi jika mereka terus-menerus melakukan hal terlarang itu akan berisiko mengidap HIV/AIDS.

Gejala herpes

Seseorang yang mengalami herpes akan mengalami gejala umum seperti nafsu makan menurun, demam, perasaan tidak enak badan, sakit kepala, nyeri otot di bagian organ vital, sering lelah, kedinginan, hingga kulit melepuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini