Alasan Umum Bayi Menangis

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 481 1151326 alasan-umum-bayi-menangis-wuOSbxyEdv.jpg Alasan umum bayi menangis (Foto: Earlyinterventionsupport)

MENANGIS adalah pertanda bahwa bayi menunjukkan ketidaksenangan atau ketidaknyamanan pada hal yang mereka dapati. Menangis juga menjadi cara bayi untuk mengomunikasikan bahwa ia membutuhkan perhatian dan tanggapan.

Terkadang menangis hanya disebabkan masalah kecil, yang awalnya tidak bisa mereka atasi sendiri. Namun, sering kali tangisan mereka menunjukkan masalah yang serius, yang memerlukan perhatian segera dan lebih dari Anda, para orangtua, atau orang dewasa di sekitarnya.

Untuk memahami arti tangisan bayi di waktu atau momen tertentu tentu perlu dipelajari oleh para orangtua. Berikut adalah sedikit panduan mengenai penyebab bayi menangis, seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (18/5/2015).

Waktu makan

Kelaparan adalah penyebab umum bayi menangis. Bayi yang baru memasuki tahap minum ASI atau makanan cair biasanya akan mudah lapar. Jadi, bila bayi Anda menangis beberapa jam setelah Anda menyusui atau memberi makan bayi, mungkin itu saatnya Anda harus memberinya makan lagi.

Buang air besar

Popok atau celana yang kotor bisa menjadi alasan ketidaknyamanan bayi yang membuatnya menangis. Bayi yang masih disusui atau biasa diberi makanan cair akan cepat buang air juga. Jadi setelah beberapa jam bayi diberi makan, Anda perlu mengecek kondisi popok atau celananya.

Sakit perut

Bayi yang pertumbuhan pencernaannya belum sempurna akan rentan menderita sakit perut seperti kolik atau perut bergas. Periksa apakah ada bagian di perut bayi yang keras atau kaku, karena itu bisa menjadi penyebab ketidaknyamanannya. Bawalah bayi ke dokter bila diperlukan.

Kesulitan bernapas

Bayi Anda juga bisa tertular infeksi yang menyebabkan flu atau radang pada saluran pernapasannya. Bayi yang menderita infeksi pada saluran pernapasan mungkin mengalami gejala hidung tersumbat atau rasa sakit yang mengganggu. Untuk mengatasi ini, bawa anak segera ke dokter.

Suhu ruangan tidak nyaman

Orangtua mungkin sering mengatur suhu kamar ber-AC dengan meningkatkan atau menurunkan temperatur untuk membuat bayi nyaman. Lakukan perubahan temperatur dari biasanya bila memang dibutuhkan. Ketidaknyamanan pada suhu ini adalah salah satu penyebab bayi menangis.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini