Waktu yang Tepat Bayi Boleh Tidur Tengkurap

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 481 1151332 waktu-yang-tepat-bayi-boleh-tidur-tengkurap-p3TOJmzwaz.jpg Waktu yagn tepat bayi boleh tidur tengkurap (Foto: Houseofharper)

ORANGTUA baru biasanya disarankan untuk mengawasi agar bayi tidak tidur dengan posisi tengkurap. Selain mengawasi, menata tempat tidur dengan benar bisa menjadi solusi untuk mencegah kemungkinan tersebut. Tapi sampai kapan anak harus diawasi?

Pengawasan anak agar tidak tidur dengan posisi perut di bawah, perlu dilakukan untuk menghindari sindrom kematian mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Para ahli mengingatkan bahwa bayi harus dijaga agar tidak tidur dengan perut di bawah hingga usia 12 bulan.

“Saat bayi cukup kuat untuk memutar atau membolak-balikkan tubuh, Anda tidak perlu khawatir lagi. Bagaimana pun Anda harus tetap menidurkannya dengan punggung di bawah sampai bayi berumur 12 bulan,” kata Fern Hauck, pakar SIDS, seperti dikutip dari Babycenter, Senin (18/5/2015).

Untuk itu, Anda juga perlu memastikan tempat tidur bayi mendukung untuk membuatnya tidur dalam posisi aman. Pastikan alas tidurnya disesuaikan dengan seprai yang pas, tanpa guling, bantal, selimut, atau benda-benda berbahaya.

Orangtua juga harus memastikan agar bayi tidak memakai pakaian berlebih atau mengatur suhu ruangan yang membuat bayi tidak nyaman. Pastikan juga kondisi udara di kamar anak nyaman untuknya tidur.

Dalam studi yang dipublikasikan pada 2003 dalam Archieves of Pediatrics and Adolescent Medicine, membiasakan untuk menidurkan anak dengan punggung di bawah membuat bayi tidak lebih rentan dengan infeksi telinga, demam, dan hidung berair.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini