Alasan Bayi Ekspresikan Wajah dalam Kandungan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 481 1151494 alasan-bayi-ekspresikan-wajah-dalam-kandungan-RMxclIhjtg.jpg Alasan bayi ekspresikan wajah dalam kandungan (Foto: Parenting)

ORANGTUA selalu takjub saat melihat janin di dalam kandungan bisa tersenyum, meringis atau bahkan cemberut saat melakukan ultrasonografi medis (USG). Lantas apa sebabnya mereka bisa mengekspresikan wajahnya yang seolah nyata meski belum terlahir ke dunia?

Sebuah studi baru oleh para peneliti di Durham dan Lancaster University telah mengungkapkan alasan bahwa bayi berlatih mengekspresikan wajah sejak di dalam kandungan sang ibu. Studi ini melibatkan 15 janin sehat yang dianalisis dengan USG 4D.

Hasilnya, peneliti mengatakan, jika hasil USG menunjukkan bayi yang belum lahir dapat meringis dan menarik wajah pada masa 24 minggu kehamilan, artinya mereka tetap bertahan hidup di rahim sang ibu. Sementara, jika mereka cemberut atau tersenyum di masa kehamilan 36 minggu, artinya mereka merasakan hal-hal yang tidak enak, seperti lapar, tidak nyaman, atau kesakitan.

Peneliti Dr Nadja Reissland dari Departemen Psikologi Universitas Durham mengatakan, ekspresi gerakan wajah janin adalah proses perkembangan yang tampaknya berkaitan dengan pematangan otak daripada yang terkait dengan perasaan. Studi ini juga menunjukkan kehamilan yang sehat, baik ibu atau sang janin.

Para peneliti juga berharap ada studi lebih lanjut yang mungkin dapat mengetahui apakah perkembangan ekspresi wajah janin di dalam kandungan mengalami kondisi tidak sehat, seperti efek dari ibu merokok atau minum alkohol. Demikian dikutip Timesofindia, Senin (18/5/2015).

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini