Empat Manfaat Bayi Merangkak yang Harus Anda Tahu

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 481 1151507 empat-manfaat-bayi-merangkak-yang-harus-anda-tahu-QrgOXZGfHL.jpg Empat manfaat bayi merangkak yang harus Anda tahu (Foto: Freelargeimages)

MERANGKAK adalah bagian penting dari perkembangan bayi Anda, terutama dari segi kemampuan motorik, keterampilan dan cenderung mempengaruhi kondisi psikologisnya.

Bahkan, Peneliti Karen Adolph PhD dari New York University telah menyebutkan empat manfaat jika bayi bisa merangkak seperti berikut ini, sebagaimana dilansir Parents, Senin (18/5/2015).

Mematuhi perintah

Ketika bayi Anda merangkak di seberang ruangan, perhatikan bagaimana ia berbalik untuk melihat ke belakang. Dia memeriksa keberadaan Anda dan mencari pesan Anda mengirim dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh, seperti menggelengkan kepala saat kita mengutusnya dengan kalimat "Berhenti di sana!". Bukan hanya itu, sebagian peneliti mengganggap bahwa bayi merangkak juga dianggap sebagai eksplorasi dunia barunya.

Mengenal lingkungan sekitar

Saat bayi Anda merangkak, secara otomatis dirinya akan lebih cepat mengenal lingkungan sekitar, seperti letak ruang tamu, dapur, kamar tidur, hingga tempat bermain sang bayi. Dengan ini, ia juga akan memerhatikan sekelilingnya dengan penuh semangat untuk melewati setiap tahap kehidupannya.

Dipaksa untuk membuat keputusan

Orangtua harus berani melatih anak-anaknya untuk mengambil keputusan sejak mereka masih bayi. Misalnya saat Anda menyuruhnya mengambil benda di satu sudut ruangan dengan cara merangkak, bayi Anda bisa mengatur dirinya di saat ia lelah akan berhenti dan melanjutkan kembali sesuai keinginannya.

Emosinya meningkat

Siapa bilang bayi tidak memiliki tingkat emosi yang dapat membuatnya tertawa atau menangis. Apalagi jika bayi Anda sudah merangkak, emosinya akan lebih terlihat dan orangtua pun bisa merasakan. Misalnya, ia akan menangis saat dilarang untuk melakukan suatu hal atau bahkan ia tertawa di saat mendapatkan suatu hal yang diinginkannya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini