Ini Waktu yang Tepat Bayi Boleh Merangkak

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 481 1151515 ini-waktu-yang-tepat-bayi-boleh-merangkak-xu7BEmPf27.jpg Ini waktu yang tepat bayi boleh merangkak (Foto: Sheknows)

DALAM tahap tumbuh kembangnya, setiap bayi akan melewati masa-masa sulit di saat ia mulai bisa tengkurap, merangkak sampai berjalan. Lantas di usia berapa bayi sudah bisa merangkak dengan sempurna?

Merangkak tergolong tonggak besar bagi bayi karena itu adalah langkah pertama menuju kemandirian. Bagi bayi, merangkak juga merupakan satu kegiatan yang sulit dan membutuhkan keseimbangan.

Di saat mulai merangkak, bayi mulai bisa berkomunikasi lebih jelas dengan orangtua, membuka dunia baru, mengatur emosinya sendiri sampai ia bisa memutuskan suatu hal yang akan ia raih.

Setelah bayi Anda bisa merangkak, orangtua selalu mengharapkan ia untuk mengeksplorasi apa saja dan segala sesuatu dalam jangkauan sang bayi, termasuk untuk bisa berdiri dan jalan.

Meski pun Anda sudah melakukan babyproofing semuanya, penting untuk melakukan kedua, lebih menyeluruh, putaran sebelum dia membuat bergerak. Jika Anda tidak memiliki karpet, membeli karpet antislip atau tikar warna-warni sehingga lutut sedikit bayi Anda mendapatkan istirahat dari permukaan keras. Jika rumah Anda memiliki lantai kayu, pastikan tidak ada paku terungkap atau serpihan longgar yang bisa menyakiti bayi Anda.

Asisten Profesor Pediatri dari Johns Hopkins University, Baltimore Charles Shubin, MD mengatakan, dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran, bayi akan berlatih untuk merentangkan lengan dan kakinya. Dalam bulan pertama hingga keempat, ia harus aktif mengangkat pinggul dan menggeliat dan menendang kakinya.

"Lebih lanjut bayi yang sudah memasuki usia di atas enam bulan harus sudah pintar untuk merangkak karena tubuhnya sudah memiliki kekuatan untuk mampu menahan keseimbangan,” ujarnya seperti dilansir Parents, Senin (18/5/2015).

Penting untuk diperhatikan, saat bayi Anda mulai memasuki usia merangkak, pertama otot-otot di punggung, leher, bahu, lengan, dan inti harus cukup kuat untuk mendukung berat badan dan membantu menjaga keseimbangan.

Ketika bayi merangkak, mereka menggunakan apa yang dikenal sebagai visi teropong, menggunakan kedua mata bersama-sama untuk fokus pada satu sasaran. Mereka bolak-balik antara melihat ke kejauhan dan melihat tangan mereka, yang membantu membangun persepsi kedalaman.

Sebagai orangtua, kita harus pintar memancing bayi agar cepat merangkak sesuai usianya. Karenanya merangkak dapat membantu perkembangan gerak motorik dan psikologis mereka dengan sebaik-baiknya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini