Salah Bedong, Bayi Berisiko Cacat Pinggul

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2015 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 19 481 1152084 salah-bedong-bayi-berisiko-cacat-pinggul-7xf6XTbeWj.jpg Salah bedong, bayi berisiko cacat pinggul (Foto: Thenewbornbaby)

JIKA ingin bayi nyaman dan hangat saat dibedong, orangtua harus memberi ruang gerak yang pas agar bayi tidak tersiksa. Bahkan, jika salah membedong, bayi Anda berisiko mengalami cedera pinggul.

Moms, membedong bayi itu boleh-boleh saja asal penggunaannya tepat. Si bayi pun akan merasakan manfaatnya, seperti dapat menjaga bayi mungil Anda dari gangguan gerakan refleks, membantunya tetap hangat dan menenangkan bayi Anda.

Himbauan bagi para orangtua, jangan pernah membedong bayi dengan membungkus kakinya dengan posisi lurus ke bawah. Karena itu dapat melonggarkan sendi dan merusak tulang rawan lunak dari soket pinggul, yang menyebabkan hip dysplasia atau cedera pinggul.

Maka untuk mencegahnya, pastikan ada cukup ruang di bagian bawah selimut agar si bayi leluasa menekuk kakinya. Bukan hanya itu, Anda pun harus memilih kain yang bisa menghangatkan sesuai panjang sang bayi dan memilih bahan katun agar mudah menyerap keringat. Demikian dikutip Babycenter, Selasa (19/5/2015).

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini