Tips Sukses Warisi Bisnis Orangtua

Ariesta Asri, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2015 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 24 196 1154415 tips-sukses-warisi-bisnis-orangtua-fgN5iPjURv.jpg Tips sukses warisi bisnis orangtua (Foto: Inspirationmanagement)
PERUSAHAAN keluarga adalah sebuah perusahaan yang dimiliki, dikontrol, dan dijalankan oleh anggota atau beberapa keluarga.
 
Karena dikelola oleh orang-orang yang masih bertalian darah, perusahaan keluarga lebih rentan terhadap masalah profesionalitas kerja.
 
Bagi Anda yang berniat untuk meneruskan bisnis keluarga atau mewarisi perusahaan orangtua, kepada Okezone, berikut ini tips berkarier dari perencana keuangan dari Mike Rini Sutikno, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE).
 
Sebagai perencana keuangan, Mike telah menangani proyek-proyek perencanaan keuangan organisasi tingkat dunia, yakni Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Bank Dunia.
 
Pertama, jika perusahaan merupakan patungan dari beberapa anggota keluarga, harus ada kejelasan siapa pimpinan. Meskipun pimpinan masih merupakan anggota keluarga, ia harus tetap dihormati.
 

Kedua, ketika anak dilimpahi perusahaan orangtua, ia harus tetap menjunjung filosofi atau visi misi yang telah ditetapkan orangtua sebagai pendiri.

Ketiga, karena masalah keluarga rentan terhadap konflik pribadi, maka setiap anggota keluarga yang terlibat di dalamnya harus bisa menahan ego dengan tidak mencampuradukkan masalah pribadi dengan pekerjaan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini