nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Makanan Paling Sering Memicu Alergi

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2015 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 26 481 1155373 lima-makanan-paling-sering-memicu-alergi-3OCIe4c4NK.jpg Makanan pemicu alergi (Foto: Boldsky)

MOMS, biasanya makanan kaya protein justru menyebabkan anak-anak mengalami alergi. Seperti misalnya susu sapi yang sering kita jumpai sejak dulu.

Terlepas dari itu, masih ada lima makanan lain yang memicu timbulnya alergi yang harus Anda tahu, sebagaimana dilansir Kidshealth, Selasa (26/5/2015).

Susu sapi

Faktanya, antara dua hingga tiga persen bayi alergi terhadap protein yang ditemukan dalam susu sapi dan formula berbasis susu sapi. Jika anak-anak mengalami alergi protein susu sapi, artinya mereka memiliki sistem reaksi kekebalan tubuh abnormal terhadap protein yang ditemukan dalam susu sapi.

Telur

Alergi merupakan salah satu tantangan bagi orangtua. Terlebih, alergi telur kerap dialami oleh anak-anak, karena faktor zat kimia yang menyebabkan kulit gatal-gatal.

Makanan laut

Di antara salah satu kerabat dekat kita pasti ada yang mengalami alergi terhadap makanan laut. Uniknya, alergi ini akan terjadi seumur hidup. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi tinggi ikan yang tidak dapat diterima oleh seseorang dengan sistem antibodi rendah.

Kacang tanah

Tak sedikit anak-anak kerap mengalami alergi usai makan kacang tanah. Karenanya, kacang tersebut sangat tinggi protein yang tidak bisa diterima anak-anak, terutama bagi mereka yang intoleransi protein.

Kedelai

Sama halnya dengan kacang, alergi kedelai umumnya dialami oleh bayi. Banyak bayi yang alergi terhadap susu sapi juga alergi terhadap protein dalam susu formula kedelai. Protein kedelai sering dikaitkan dengan masalah ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini