nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enam Hal Penting agar Alergi Anak Tak Kambuh

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2015 16:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 26 481 1155456 enam-hal-penting-agar-alergi-anak-tak-kambuh-bHgluM3QhB.jpg Agar anak tak kambuh alergi (Foto: Physician)

ALERGI biasanya terjadi seumur hidup, karena sampai saat ini belum ada obat yang ampuh menyembuhkannya. Namun, ada trik lain yang hanya bisa mengurangi risiko serta meringankan gejala paparan alergen.

Itu berarti sebagai orang tua kita harus mendidik anak-anak mereka untuk menjauhkan diri dari pemicu alergi. Bagaimana caranya?

Ya, Anda harus bisa mengurangi paparan alergen lingkungan dengan cara rajin membersihkan rumah dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menginformasikan kepada setiap anggota keluarga jika anak Anda mengalami alergi terhadap satu hal.

Dalam beberapa kasus, ahli alergi dapat merekomendasikan imunoterapi (suntikan alergi) untuk membantu menurunkan rasa mudah terpengaruh orang dengan alergi. Namun, suntikan alergi hanya membantu untuk alergen seperti debu, jamur, serbuk sari, binatang, dan sengatan serangga. Sayangnya, terapi ini tidak berlaku bagi anak-anak yang alergi terhadap makanan.

Untuk tahu lebih jelas, berikut enam hal yang dapat membantu anak-anak menghindari alergen udara, sebagaimana dilansir Kidshealth, Selasa (26/5/2015).

Pertama, jauhkan hewan peliharaan dari anak-anak, termasuk ruangannya seperti kamar, ruang tamu atau kamar mandi.

Kedua, jangan pernah memasang karpet di dalam rumah Anda, karena itu akan mudah memicu tungau debu rumah yang berbahaya.

Ketiga, jangan memasang tirai kain yang mudah menyerap debu. Atau cara lainnya yaitu sering ganti dan cuci tirai itu minimal dua kali dalam seminggu.

Keempat, rajin-rajinlah bersihkan rumah agar debu tak menumpuk.

Kelima, jangan menanam bunga yang mudah menghasilkan serbuk sari, si pemicu alergi dengan gejala demam tinggi.

Keenam, jauhkan anak-anak dari ruangan lembab, dan menjaga kebersihan kamar mandi Anda agar tidak ditumbuhi jamur.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini