nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanda-Tandanya Anda Alergi Gluten

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2015 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 27 481 1156234 tanda-tandanya-anda-alergi-gluten-Aj2BVSIKZO.jpg Tanda anda alergi gluten (Foto: Boldsky)

BELAKANGAN kita temui banyak produk yang menuliskan kata bebas gluten di kemasan mereka. Sebenarnya apa itu gluten? Lalu bagaimana kita bisa mengetahui apakah kita alergi gluten atau tidak?

Gluten adalah protein yang ditemukan pada endosperma gandum. Gluten memelihara embrio tanaman selama perkecambahan dan mempengaruhi elastisitas bagian tanaman, yang akan mempengaruhi kekenyalan produk gandum.

Gluten dapat mengancam mereka yang memiliki intoleransi gluten, atau kelainan pada respons imun saat memecah gluten dari makanan berbahan dasar gandum di pencernaan. Diperkirakan sekira 99 persen orang dengan intoleransi gluten tidak terdeteksi, sementara kondisi ini berdampak negatif.

Berikut adalah beberapa gejala yang akan dialami seseorang setelah mengonsumsi bila mengalami intoleransi gluten, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Rabu (27/5/2015).

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan adalah gejala paling umum yang akan dialami saat Anda alergi gluten. Pembentukan gas, disentri, konstipasi, dan perut kembung adalah beberapa gejalanya. Konstipasi adalah keluhan tersering yang dirasakan orang dengan intoleransi gluten.

Kelelahan

Kelelahan atau kebingungan sesaat setelah makan makanan gandum mengandung gluten adalah gejala bahwa Anda sensitif terhadap gluten.

Gejala saraf

Sakit kepala dan ketidakseimbangan tubuh adalah masalah saraf yang menjadi indikasi adanya gluten dalam makanan dan gejala tubuh Anda memiliki sensitivitas gluten.

“Kulit ayam”

Apakah Anda pernah menemukan bentol-bentol kecil di kulit tanpa sebab? Gejala alergi yang disebut “kulit ayam” yang sering ditemukan di belakang lengan Anda adalah indikasi Anda positif menderita alergi gluten.

Pembengkakan

Pembengkakan atau sakit di jari-jari, lutut, atau paha adalah salah satu hasil dari respons negatif tubuh Anda terhadap makanan kaya gluten.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini