nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Solusi Atasi Alergi Pemakaian Bra

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2015 07:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 28 481 1156423 solusi-atasi-alergi-pemakaian-bra-EMVgunaSLE.jpg Atasi alergi bra (Foto: Cottonique)

ALERGI bisa disebabkan apa saja, termasuk penggunaan bra. Bahan-bahan yang membuat bra pada beberapa perempuan ternyata bisa menyebabkan iritasi dan bercak kemerahan di kulit yang terasa mengganggu.

Sebagaimana pencegahan alergi lainnya, satu hal yang bisa dilakukan adalah menjauhi diri dari penggunaan bra yang menjadi sumber ketidaknyamanan tubuh. Berikut adalah panduan sederhana untuk mengatasi alergi bra, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (28/5/2015).

Alergi lateks

Bra yang elastis terbuat dari lateks. Bila kulit Anda tidak resisten dengan bahan tersebut, Anda bisa mengalami reaksi alergi seperti kulit gatal, rasa terbakar, lesi (bercak merah), hingga kekeringan. Menghindari penggunaan bra dengan bahan tersebut perlu dilakukan sebelum datang ke dokter.

Dokter akan merekomendasikan, kortikosteroid tropis untuk mengobati hasil dari paparan bahan kimia dalam lateks. Tidak ketinggalan antihistamin untuk mengobati gatal-gatal dan kemerahan karena protein lateks. Bila reaksi alergi parah, epinefrin juga mungkin diberikan.

Alergi nikel

Jika pengait bra terbuat dari nikel dan kulit Anda bereaksi setelah terpapar benda tersebut, itu bisa menjadi indikasi Anda mengalami alergi nikel. Pilihlah pengait bra yang terbuat dari plastik atau besi yang dicat. Gunakan krim hidrokortison satu persen pada kulit yang terpengaruh dua atau tiga kali sekali juga bisa membantu mencegah alergi.

Mencuci bra

Kebersihan adalah kunci dari pencegahan terhadap alergi. Bra yang kotor dapat menyebabkan keringat dan kotoran lain berakumulasi dalam bra dan memicu alergi. Saat mencuci, pastikan juga Anda tidak menggunakan terlalu banyak sabun atau deterjen yang dapat tertinggal di bahan bra dan memicu masalah kulit.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini