Kesalahan Pola Asuh Orangtua pada Anak

Ariesta Asri, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2015 07:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 29 196 1157511 kesalahan-pola-asuh-orangtua-pada-anak-QbeOCEx8Oo.jpg Kesalahan pola asuh orangtua pada anak (Foto: Popsugar)
SIAPA bilang menjadi orangtua itu mudah? Tanpa disadari, ada banyak kesalahan yang umum dilakukan orangtua.
 
Mengubah perilaku buruk orangtua pada anak sama pentingnya dengan memberikan nutrisi dan pendidikan bagi si kecil. Simak empat kesalahan yang sering dilakukan orangtua pada anak di bawah ini.
 
Mendisiplinkan

Mendisiplinkan sering dijadikan alasan untuk mendidiki anak. Disiplin memang penting, namun jika terlalu keras dan ketat dapat membuat anak membenci orangtua. Jangan sampai orangtua menciptakan mimpi buruk pada anaknya.

Mengabaikan

Mengabaikan kebutuhan fisik atau kebutuhan emosional anak dapat membuat mereka merasa ditinggalkan. Umumnya, orangtua yang bekerja sering lupa bahwa anak tidak hanya cukup diberikan materi tapi juga kasih sayang.

Terlalu banyak memuji

Sangat penting untuk membentuk jati diri anak dengan cara yang sehat. Jika Anda memujinya terlalu banyak, anak akan tumbuh sebagai orang dewasa yang egois dan arogan.

Memanjakan

Terlalu memanjakan anak akan membuatnya malas berusaha. Daripada memanjakan, akan lebih baik jika anak dipersiapkan untuk menghadapi realitas kehidupan. Demikian yang dikutip dari Boldsky, Minggu (31/5/2015).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini