Dua Hal Penting saat Menata Makanan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2015 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 29 298 1157267 dua-hal-penting-saat-menata-makanan-emuiUBfKaa.jpg Menata makanan atau plating (Foto:Cataskarlata)

MENATA makanan atau plating, kini juga semakin penting untuk menggugah selera makan. Tapi tidak boleh asal atau sembarangan, ada dua hal penting yang harus diperhatikan saat menata makanan.

Seiring perkembangan zaman, menata makanan sudah menjadi bagian penting dalam dunia kuliner. Karena saat ini masyarakat tidak hanya ingin memanjakan lidah, tapi juga memanjakan mata.

Tak jarang banyak orang yang mengabadikan makanan tersebut dalam wujud foto dan diunggah ke media sosial. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut terlihat cantik, menggugah selera dan seakan jadi kebanggaan tersendiri karena pernah menyantapnya.

Namun, saat menata makanan ada beberapa unsur yang tidak boleh terlewatkan selain soal cita rasa makanan itu sendiri. Chef cantik Rinrin Marinka atau lebih dikenal dengan Chef Marinka mengatakan, saat plating, semua komponen yang ada di dalamnya tidak hanya sekadar hiasan saja, melainkan juga bisa dimakan.

(Foto:Eatwell)

"Dalam plating, semua unsur yang ada didalamnya harus bisa dimakan juga. Enggak sembarang asal taruh," kata Chef Marinka kepada Okezone saat ditemui di Jakarta Fashion & Food Festival di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain itu, ketika hendak memberi oramen yang harus diperhatikan adalah warna. Permainan warna dalam menata makanan juga menjadi poin penting.

"Warna-warni juga bisa tapi harus cocok dengan makanan intinya. Jangan asal taruh warna karena nanti tidak akan menarik," pungkas Chef Marinka.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini