Share

Ini Alasan Kenapa Disebut Es Goyang

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 03 Juni 2015 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 03 298 1159554 ini-alasan-kenapa-disebut-es-goyang-vjNnRGGXSt.jpg Es goyang (Foto:Gedoor)

JAJANAN es zaman dulu mulai tergerus dan terpinggirkan dengan hadirnya es krim modern bertekstur lembut. Anda yang lahir pada  era 80 atau 90-an pasti tidak asing dengan jajanan es tradisional yang kerap disebut es goyang.

Anda yang belum kenal es goyang pasti bertanya-tanya kenapa disebut es goyang. Es yang terbuat dari bahan dasar santan, gula pasir dan tepung hunkwe ini dijual dengan menggunakan gerobak kayu yang didorong. Gerobak ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat menaruh es tetapi juga untuk membuat es goyang yang bergagang lidi bambu ini.

Aman, seorang penjual es goyang di area Jakara Fashion and Food Festival (JFFF) 2015 mengatakan, es ini dinamakan es goyang karena proses pembuatannya yakni dengan menggoyang-goyangkan gerobak.

“Buat bikin es ini, gerobaknya harus digoyang karena kalau tidak digoyang, adonan es tidak akan jadi keras,” jelas Aman kepada Okezone di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Aman mengatakan adonan es yang berbentuk cair dan kental kemudian dituangkan ke dalam cetakan es lalu gerobak digoyangkan naik turun beberapa kali hingga es mengeras.

“Di dalam gerobak ada es batu dan garam. Itu yang bikin adonan es nantinya jadi keras. Prosesnya harus digoyang gerobaknya biar es batu beradu dengan cetakan es,” jelas Aman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini