Share

Rahasia Kelezatan Rujak Juhi Pak Tata

Santi Andriani, Okezone · Rabu 03 Juni 2015 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 03 298 1159573 rahasia-kelezatan-rujak-juhi-pak-tata-GDNMRsaFPV.jpg Rujak juhi pak tata (Foto:Santi/Okezone)

SESUAI dengan namanya yaitu rujak juhi, juhi adalah kunci utama kelezatan Rujak Juhi Pak Tata. Perlu proses yang panjang dan lama agar juhi memiliki rasa yang lezat dan tidak amis.

Juhi adalah olahan sotong atau cumi-cumi namun dengan ukuran yang lebih besar. Untuk membuat juhi yang bercita rasa lezat, Yoseph Bustadi, penerus usaha Rujak Juhi Pak Tata mengungkapkan proses pembuatan juhi.

"Untuk juhi kita bikin sendiri. Proses membuatnya cukup lama agar bumbunya meresap dan rasanya semakin lezat," kata Yoseph kepada Okezone di Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2015 di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk mendapatkan sotong yang berkualitas baik, Yoseph mengatakan, ia punya pemasok sotong langganan di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Hanya sotong dengan ukuran besar yang menjadi pilihannya. Untuk setiap 1 kg, sotong dibeli seharga Rp200 ribu.

Sementara untuk proses pembuatannya, Yoseph menerangkan, sotong direbus selama satu setengah jam dengan bumbu-bumbu. Setelah direbus kemudian sotong digetok agar pipih dan lembut. Proses terakhir kemudian sotong dipanggang.

"Waktu dipanggang sotong dikasih bumbu lagi, jadi dibumbui sebanyak dua kali, yaitu waktu direbus dan dipanggang. Biar meresap bumbunya, jadi rasa asin dan amisnya sudah enggak ada lagi," beber anak sulung dari Tata Sukanta, pemilik usaha rujak juhi yang memiliki gerai di Jalan Veteran, Jakarta Pusat ini.

Tidak hanya proses pengolahannya yang sangat diperhatikan, lanjut Yoseph, juhi baru akan disuwir-suwir begitu hendak ditaburi pada bahan-bahan rujak juhi yang sudah diracik.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini