Share

Bikin Es Goyang Harus Pakai Garam Khusus

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 03 Juni 2015 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 03 298 1159591 bikin-es-goyang-harus-pakai-garam-khusus-5CQuYRTT8m.jpg Garam kasar atau garam krosok (Foto:Google)

PROSES pembuatan es goyang memang terlihat sederhana karena hanya terbuat dari bahan simpel berupa santan, gula pasir dan tepung hunkwe. Namun, untuk membuat es goyang, garam yang dipakai adalah garam khusus.

Menurut Aman, penjual es goyang di area Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2015, yang membuat es bisa memiliki tekstur padat dan mengeras adalah karena bantuan es batu dan garam.

โ€œDi dalam gerobak ada es batu dan garam yang bisa bikin es jadi keras,โ€ kata Aman kepada Okezone di JFFF 2015 di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namun, tidak semua jenis garam ternyata bisa digunakan untuk membuat es goyang.

Garam yang paling cocok adalah garam kasar yang memiliki butiran besar dan menyerupai kristal. โ€œGaram yang bisa digunakan cuma garam kasar yang bentuknya besar-besar dan seperti kristal,โ€ jelas Aman.

Berbagai jenis garam banyak tersedia di pasaran, meskipun sama-sama menghasilkan rasa asin tapi hanya garam kasar yang bisa dipakai untuk membuat es goyang.

โ€œAda garam dapur, garam meja tapi enggak bisa dipakai. Kalau pakai garam halus, enggak bisa jadi keras esnya,โ€ tutup Aman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini