Menjajal Rasa Sate Jamur Tiram Cak Oney

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2015 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 05 298 1160744 menjajal-rasa-sate-jamur-tiram-cak-oney-WYH9cWkp8A.jpg Sate jamur tiram cak oney (Foto:Dinno/Okezone)

BIASANYA sate terdiri dari daging yang ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang. Tapi Anda bisa merasakan sensasi berbeda ketika menikmati sate yang terbuat dari jamur tiram ini.

Tampilannya mirip sekali dengan sate biasa yang ditusuk dengan tusuk sate. Saus yang digunakan juga campuran dari saus kacang dan kecap tak berbeda dengan sate pada umumnya.

Okezone sempat mencicipi sate jamur tiram Cak Oney khas Yogyakarta di Festival Jajanan Bango (FJB) di Surabaya beberapa waktu lalu. Satu porsinya terdiri dari enam tusuk sate jamur dan dilengkapi dengan lontong dan saus kecap dan saus kacang.

Untuk Anda yang suka pedas, jangan berharap akan disajikan sambal di pinggir hidangan. Pasalnya, hanya beberapa potong cabai dan bawang yang disuguhkan dan dapat disantap langsung bersamaan dengan satenya untuk penambah rasa pedas.

Ketika dicicipi, rasa bumbu kacangnya sedikit berbeda. Sepertinya bumbu sengaja tak diulek sampai halus karena ada tekstur kasar dari kacang yang digunakan. Rasa bumbunya juga khas bumbu kacang campur kecap yang gurih dan manis.

Sate jamurnya ketika dikunyah punya tekstur unik. Sedikit seperti daging tapi ada sensasi renyah dari jamur tiram yang khas. Rasanya juga gurih dan penuh bumbu, karena bumbu kacangnya menempel di sela-sela potongan jamur tiram. Kendati demikian, sate jamur terasa sedikit aneh lantaran sudah tidak hangat lagi.

Sepertinya sate jamur tiram memang nikmat disantap dalam keadaan panas. Mungkin karena pengunjung terlalu banyak, sate jamur ini sudah disiapkan cukup lama dan tinggal disiram dengan bumbu kacang ketika pesanan datang. Harga satu porsinya Rp20 ribu untuk enam tusuk sate dan lontong. Harga sate jamur ini bisa dibilang memang cukup mahal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini