Pil Kontrasepsi Bisa Cegah Nyeri Haid

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2015 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 05 481 1160494 pil-kontrasepsi-bisa-cegah-nyeri-haid-ABqr0WyjF2.jpg Pil KB kurangi nyeri haid wanita (Foto: News)

PIL kontrasepsi terbukti bermanfaat dalam mengurangi nyeri haid. Bahkan dokter pun sudah sering memberikan terapi gangguan menstruasi, dengan beragam jenis kontrasepsi lainnya di beberapa negara.

Studi ini dilakukan oleh Spesialis Obstetri dan Ginekologi Ingela Lindh dari Gothenburg University Institute of Clinical Sciences. Ia mengumpulkan lebih dari 1.400 wanita Swedia yang lahir di tahun 1962, 1972 dan 1982.

Responden diminta untuk mengisi kuesioner tentang gangguan menstruasi yang mereka alami seumur hidup. Dalam studinya, responden menggunakan kontrasepsi oral sebelum memasuki masa menstruasi.

Temuan dari penelitian ini mengungkap bahwa, usia merupakan salah satu faktor wanita mengalami gangguan menstruasi. Biasanya seorang wanita berusia 30 tahun, tingkat keparahan nyeri periode menurun sedikit, tetapi tidak ada efek yang dipengaruhi oleh pil.

Adanya pil kontrasepsi terbukti sangat signifikan mengatasi nyeri haid. Bahkan, jika seorang wanita mengalami nyeri haid dan konsultasi ke dokter, pil kontrasepsi menjadi resep utama yang dapat mengurangi rasa sakit akibat gangguan menstruasi. Demikian dilansir Timesofindia, Jumat (5/6/2015).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini