Segarnya Kunyit Asam, Minuman Tradisional Jawa Tengah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 08 Juni 2015 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 08 298 1161895 segarnya-kunyit-asam-minuman-tradisional-jawa-tengah-TquILrUOVI.jpg Jamu kunyit asam di Suwe Ora Jamu (Foto:Devi/Okezone)

KEBERADAAN minuman tradisional seperti jamu saat ini sudah agak sulit ditemukan. Minuman asal Jawa Tengah ini memiliki beragam rasa dan khasiatnya masing-masing, kunyit asam misalnya. Jamu ini disebut sebagai minuman yang menyegarkan tubuh.

Jika ingin menikmati jamu segar, Anda bisa berkunjung ke kedai yang bernama Suwe Ora Jamu yang berlokasi di Jalan Petogogan Raya, Jakarta Selatan. Kedai milik Nova Dewi ini menyajikan berbagai macam jamu, salah satunya yakni kunyit asam.

“Kunyit asam adalah salah satu varian yang menjadi favorit karena rasaya yang segar sehingga orang bisa langsung menerima rasanya,” kata wanita yang akrab disapa Dewi kepada Okezone.

Dewi menambahkan, kunyit asam merupakan jenis jamu yang sudah familiar dan banyak memiliki penggemar terutama bagi kaum hawa. “Punya rasa yang segar dan bagus untuk wanita, menjadikan kunyit asam banyak digemari,” tambah wanita ramah ini.

Sesuai dengan namanya, kunyit asam terbuat dari campuran bahan alami berupa kunyit yang dihaluskan dan dicampur dengan buah asam jawa. Rasa asam langsung menyeruak ketika jamu ini mulai diseruput. Efek segar pada tubuh akan terasa jika minuman tradisional ini diminum secara rutin.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini