Lima Makanan Wajib Dicicipi saat Pelesir ke Solo

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 08 Juni 2015 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 08 298 1162013 lima-makanan-wajib-dicicipi-saat-plesiran-ke-solo-LpVRXRJCG7.jpg Tengkleng khas Solo (Foto:Wikipedia)

SELAIN punya daya tarik wisata alam dan sejarah, Kota Solo juga punya sajian kuliner yang lezat. Ketika Anda berkunjung ke Solo, jangan sampai melewatkan makanan khas Solo yang wajib dicicipi.

Dilansir dari situs resmi Kota Solo, Surakarta.go.id, Senin (8/6/2015), berikut makanan khas Solo yang layak dicicipi.

Nasi liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras dimasak dengan menggunakan kaldu ayam sehingga membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi liwet biasa disajikan dengan sayur labu siam yang memiliki rasa sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir serta kumut atau areh yakni kuah santan yang dikentalkan. Nasi liwet disajikan dengan daun pisang yang dibentuk pincuk. Nasi Liwet bisa di dapatkan di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang buka mulai pukul 18.00 WIB.

Timlo solo

Timlo solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur. Warung Timlo dapat dijumpai di Timlo Sastro Timur Pasar Gede buka pukul 07.00 WIB dan Timlo Solo di Jalan Urip Sumoharjo buka pukul 09.00-21.00 WIB.

Tengkleng

Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya. Makanan ini dapat ditemukan di Samping Gapura Pasar Klewer yang bernama Tengkleng Ibu Ediyem pukul 11.00-15.00 WIB dan Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jalan Letjend Sutoyo yang buka pukul 09.00 WIB.

Pecel ndeso

Pecel ndeso adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan sayuran mulai dari jantung pisang, daun kenikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama belut goreng, wader pari goreng (ikan wader), telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso (usus) goreng. Warung Pecel Ndeso yang terkenal di Solo adalah Waroeng Tempo Doeloe di Jalan Dr Supomo 55 Pasar M'beling, selain itu juga Pecel Ndeso banyak dijajakan oleh ibu-ibu berkeliling kampung.

Gudeg ceker

Ceker (kaki ayam) menjadi makanan pendamping yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Selain gudeg, ceker juga bisa disajikan sebagai makanan pendamping dari bubur. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah sambel goreng krecek. Gudeg ceker ini dapat ditemui di Jalan Wolter Monginsidi Margoyudan, Warung Gudeg Ceker Bu Kasno buka mulai pukul 00.02 WIB dan Warung Gudeg sebelah utara perempatan Warung Pelem buka mulai pukul 19.00 WIB. (ndr)

 

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini