Cicipi Minuman Tradisional Khas Solo

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2015 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 09 298 1162570 cicipi-minuman-tradisional-khas-solo-W6OZtepYEz.jpg Wedang dongo (Foto: Burpple)

SELAIN kelezatan makanan tradisional khas Solo, ternyata kota di Jawa Tengah ini juga memiliki minuman tradisional yang tak kalah spesial. Dilansir dari Surakarta, Selasa (9/6/2015) minuman khas Solo terdiri dari dua jenis, yakni minuman dingin dan minuman hangat.

Dawet ayu Pasar Gede

Dawet ayu Pasar Gede adalah minuman khas Solo yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana. Minuman ini disajikan dingin sehingga cocok dinikmati di siang hari kala matahari bersinar terik. Dawet ayu berisi cendol yang terbuat dari tepung beras atau disebut dengan onggok, ketan hitam dan biji selasih. Minuman ini semakin spesial karena diberi tambahan sirup dari gula kelapa. Yang membuatnya berbeda, sirup gula kelapa di sini berwarna bening, bukan kecoklatan seperti dawet pada umumnya. Dawet ayu solo kerap disajikan dalam sebuah mangkuk kecil.

Wedang dongo

Minuman hangat beraroma jahe ini mirip dengan wedang ronde. Wedang dongo terdiri dari bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling. Bahan isian ini kemudian disiram dengan air jahe yang memiliki rasa manis. Tidak sulit menemukan penjual wedang dongo di Solo. Para pedagang biasa menjajakan minuman hangat ini mulai sore hingga malam hari.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini