Rambak Petis Oleh-Oleh Khas Solo Tak Boleh Terlewat

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2015 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 09 298 1162598 rambak-petis-oleh-oleh-khas-solo-tak-boleh-terlewat-MSXiFa2JED.jpg Rambak petis (Foto: Surakarta)

BANYAK pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ketika bertandang ke Solo, salah satunya rambak petis. Seperti tertulis dalam laman Surakarta, rambak petis merupakan satu makanan yang tidak boleh dilupakan saat mencari oleh-oleh khas Solo.

Rambak petis adalah satu snack berupa kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Proses pembuatan rambak petis sama seperti cara membuat kerupuk pada umumnya. Kulit sapi atau kerbau dipotong kotak seukuran ibu jari, kemudian dijemur hingga benar-benar kering.

Yang membuat rambak petis memiliki rasa yang berbeda dengan kerupuk kulit lainnya adalah sebelum digoreng, rambak petis diberi bumbu terlebih dahulu dengan cara direndam. Setelah itu baru rambak petis digoreng hingga kering dan renyah.

Satu lagi yang membuat snack ini spesial yakni dengan adanya pendamping berupa petis. Petis ini terbuat dari kaldu sapi yang diproses bersama gula dan bumbu khas. Rambak petis banyak tersedia di beberapa gerai toko yang menjual snack atau makanan oleh-oleh khas Solo.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini