1.000 Wanita di Bengkulu Pasang Implan KB

Demon Fajri, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2015 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 09 481 1162620 1-000-wanita-di-bengkulu-pasang-implan-kb-KQ85dVeyCP.jpg 1000 wanita di Bengkulu pasang KB implan (Foto: Thetimes)

BENGKULU - Sekira 1.000 wanita memasangan KB implan secara gratis, dalam acara "Gebyar Pemasangan 10 Ribu Implan". KB implan adalah alat kontrasepsi bawah kulit atau implan yang mampu bekerja efektif selama lima tahun.

''Ada sekira seribu wanita yang dipasang implan. Mereka berasal dari perwakilan 10 kabupaten/ kota se-Provinsi Bengkulu. Ini salah satu langkah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Provinsi Bengkulu, '' kata Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Provinsi Bengkulu, Maryana, Selasa (9/6/2015).

Maryana menambahkan, laju pertumbuhan penduduk Provinsi Bengkulu terbilang tinggi, bukan hanya disebabkan faktor kelahiran. Namun, kata dia, juga dipengaruhi dari faktor migrasi dimana Bengkulu merupakan daerah berkembang, sehingga banyak didatangi masyarakat dari luar daerah.

''Pertumbuhan penduduk dari migrasi hampir satu persen. Laju pertumbuhan penduduk yang diukur dari sensus 1,67 persen, dan di tahun 2015 ini minimal harus turun di angka 1,65 persen. Sedangkan dari kelahiran di angka 2,1 persen, yang artinya setiap keluarga rata-rata memiliki dua anak,'' jelas Maryana.

Dengan kegiatan ini, kata dia, setidaknya dapat meningkatkan jumlah akseptor, yang sekaligus menurunkan Total Fertility Rate (TFR) di Provinsi Bengkulu.

''Secara TFR, Provinsi Bengkulu sudah sangat baik, menempati nomer dua di Indonesia, meskipun dibanding pusat kita masih rendah,'' tandas Maryana.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini