Makna Prosesi Siraman Calon Menantu Presiden Jokowi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2015 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 10 196 1162994 makna-prosesi-siraman-calon-menantu-presiden-jokowi-qKEVYeUbwH.jpg Ada makna khusus di prosesi siraman calon menantu Presiden Jokowi (Foto: Antara)

CALON menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda pagi ini melangsungkan prosesi siraman. Dalam adat Jawa, prosesi siraman memiliki makna khusus bagi kedua mempelai.

Umi Yatsih selaku pembawa acara dalam prosesi lamaran Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda mengatakan, prosesi siraman adalah menyatukan air siraman dari mempelai wanita. Air siraman untuk Selvi Ananda sendiri nantinya berasal dari tujuh sumber.

"Menyatukan air siraman dari tujuh sumber. Kenapa dari tujuh sumber? Karena tujuh itu Pitu Pitulungan," ujar Umi Yatsih selaku pembawa acara usai prosesi lamaran Selvi-Gibran di kediaman Selvi Ananda, Solo, Selasa, 9 Juni 2015.

"Kemudian, sebagian air siraman akan dikirim ke kediaman pria. Tujuannya sebagai syarat siraman untuk mempelai pria," tambahnya.

Adapun tujuh orang yang akan melakukan siraman kepada Selvi Ananda adalah Suprobo Hadikusumo, Ibu Sarjono, Ibu Tadarusman, Ibu Heru Herianto, Ibu Yuni Sulistio, Ibu Purboyono, Ibu Slamet Darsono, dan Bapak dan Ibu Didik Supriyadi. Namun, Umi Yatsih belum mengetahui posisi ketujuh orang tersebut dalam keluarga Selvi Ananda.

"Tetapi, biasanya urutan prosesi siraman dilakukan dari sesepuh keluarga sampai yang muda," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini