Selain Manis, Ini yang Membuat Masakan Solo Lezat

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2015 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 10 298 1163016 selain-manis-ini-yang-membuat-masakan-solo-lezat-nQcQ5iQXY2.jpg Garang asam menu Chili Pari (Foto:Chilipari)

SAMA halnya dengan aneka masakan Jawa, Kota Solo juga memiliki ciri khas cita rasa manis di setiap masakannya. Tapi ada satu hal yang membedakan dari beberapa daerah Jawa lainnya, yakni, penggunaan santan ke dalam campuran makanan tersebut.

Hal ini dikatakan Agus Sasirangan, Runner Up MasterChef Indonesia musim pertama. Dia mengungkapkan, bahwa cita rasa masakan khas Solo tak sekadar manis, tapi juga bersantan. Ini yang membuat hidangannya bertambah lezat.

(Foto:Batikculinary)

"Masakan Solo secara umum tidak jauh berbeda dengan masakan Jawa di daerah lain. Hampir mirip seperti Yogyakarta yang cenderung agak manis, tetapi Solo lebih punya karakter hidangan bersantan, manis dan gurih," katanya kepada Okezone lewat pesan elektronik, Selasa. 

Chef Agus-sapaan akrabnya- menambahkan, ada beberapa contoh makanan khas Solo yang cukup populer dengan santan. Seperti serabi solo, nasi liwet solo, garang asam dan masih banyak lainnya.

(Foto:Dinno)

"Beberapa makanan tersebut ciri khasnya bersantan dan manis dari gula dan kecap," pungkas Chef Agus Sasirangan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini