Wangi & Legitnya Es Dawet Ayu Banjarnegara

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2015 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 10 298 1163192 wangi-legitnya-es-dawet-ayu-banjarnegara-Zl3SYT1R82.jpg Es dawet ayu banjarnegara (Foto:Dinno/Okezone)

SELAIN jamu, ada satu minuman khas Jawa Tengah yang cukup populer, yaitu es dawet. Paling terkenal adalah es dawet ayu banjarnegara yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Minuman segar khas Jawa ini merupakan paduan dari dawet ayu yang terbuat dari tepung beras, sedikit tepung kanji dan juga pandan.

Dawet ayu asal Banjarnegara ini punya ciri khas, yakni penggunaan pandan asli yang memberi sensasi aroma pandan pada dawetnya. Campuran tepung beras dan sedikit tepung kanji juga memberi sensasi lembut dan tidak terlalu kenyal.

Biasanya, dawet ayu disajikan dengan campuran gula aren kental, santan kental dan juga es batu. Sedangkan di daerah Banjarnegara, pada gulanya diberi campuran buah durian guna memperkaya rasa es dawetnya.

Seperti yang Okezone cicipi saat berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015 di Kemayoran, Jakarta Utara. Ada sebuah pikulan yang menjajakan es dawet ayu banjarnegara. Ketika dicicipi, rasa dan aroma duriannya sangat kuat, memberikan rasa yang semakin lezat ketika menikmati es dawet ayu ini.

Es dawet ayu nikmat disajikan saat cuaca terik. Segarnya es dawet ayu, juga mampu melepas dahaga dengan sensasi nikmat dari paduan dawet pandan, santan, gula aren dan juga es batu.

Tidak hanya itu, minuman tradisional khas Jawa ini kerap disuguhkan baik dalam prosesi menjelang pernikahan maupun saat resepsi pernikahan. Seperti halnya pada royal wedding putera Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015.

Ada tradisi unik yang digelar yang ada hubungannya dengan es dawet ini. Para wali nikah mengadakan prosesi jual beli es dawet ayu dengan gerobak tradisional. Ritual ini bermakna bahwa wali nikah sudah siap memberi restu kepada kedua calon mempelai pengantin.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini