Nasi Liwet Solo Jadi Suguhan Spesial

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2015 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 10 298 1163229 nasi-liwet-solo-jadi-suguhan-spesial-mbWL1r53Op.jpg Nasi liwet khas Solo (Foto:Batikculinary)

KELEZATAN kuliner khas Solo, akan disuguhkan dalam pesta pernikahan putera Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran dengan Selvi. Salah satunya adalah nasi liwet yang merupakan makanan khas Kota Solo yang cukup populer.

Saking populernya hidangan ini, sampai banyak bermunculan nasi liwet dengan variasi lauk yang beragam. Namun, sebenarnya komposisi nasi liwet yang asli dari Solo, adalah berupa paduan nasi gurih, sambal goreng labu siam, suwiran daging ayam kampung, telur pindang, putih telur yang dimasak kuning, telur ayam dan diberi santan areh.

Febrian Wicaksono, jebolan MasterChef Indonesia (MCI) musim ketiga mengatakan, nasi liwet yang asli Solo, biasanya menggunakan santan areh yang berwarna putih. Pasalnya, beberapa variasi nasi liwet yang tersebar di wilayah Jawa ada yang menggunakan santan areh berwarna coklat.

“Kalau orang Solo, santan arehnya disebut kumut dan warnanya putih,” kata Chef Brian kepada Okezone melalui pesan elektronik.

Lebih lanjut, warga Solo juga kerap menikmati nasi liwet setiap waktu. Karena cita rasanya yang gurih dan komplet dengan aneka lauk, nasi liwet cocok disantap mulai pagi hingga malam.

Tidak hanya itu, dalam tradisi acara pernikahan di Solo, nasi liwet juga kerap disajikan untuk suguhan para tamu. Hidangan nasi gurih ini pula yang akan disuguhkan untuk para tamu dalam pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, pada 11 Juni 2015.

“Nasi liwet juga semacam masakan khas daerah yang sering ada di pernikahan,” pungkas Chef Brian.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini